Selasa, 25 Oktober 2011

Seni


Pengertian Seni

Berdasarkan kajian artefak prasejarah dan kelompok suku primitif yang masih hidup di zaman modern ini, dapat dipastikan bahwa seni tumbuh dan berkembangseiring dengan peradaban manusia serta bersifat universal. Lukisan di dinding gua, musik sederhana, atau tarian perang merupakan bukti seni menjadi naluri dasar manusia sejak jaman dahulu. Oleh karena it, keinginan  untuk mengisi hidupnya dengan hal-hal yang bersifat indah manjadai sebagian dari tujuan hidup manusia. 

Pengertian seni selalu berkembang dari masa ke masasejalan dengan perkembangan pandangan manusiaterhadap[ seni. Konsepa, proses dan bentuk seni sangat beragam dan terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia. Berikut ini adalah pengertian seni menurut beberapa filsuf, pakar seni, pakar pendidikan, dan pakar kebudayaan.

Plato 427-327 B.C
a.Plato, seorang filsuf Yunani menyatakan bahwa seni asalah hasil tiruan alam (ars imitator naturam).
b.Benedetto Croce, seorang filsuf Itali yang mengartikan seni sebagai ungkapan kesan-kesan (art of expressian of impressions).
c.Leo Tolstoy, seorang sastrawan terkemuka di Rusia, ia menyatakan bahwa seni adalah aktifitas manusia yang menghasilkan sesuatu yang indah.
d.Susanne K. Langer, seorang filsuf Amerika, meyatakan bahwa seni dapat diartikan kegiatan menciptakan bentuk-bentuk yang dapat dimengerti atau dipersepsi mengungkapkan perasaan manusia.
e.S. Sudjojono, salah seorang pelukis terkemuka Indonesia menyatakan bahwa seni adalah jiwa yang tampak.

Ki Hadjar Dewantara 1889-1959
f.Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan nasional, berpendapat bahwa seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang hidup dan bersifat indah, hingga dapat menggerakan jiwa manusia.

Berdasarkan pengertian seni tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni merupakan sarana komunikasi perasaan dan pengalaman batin seseorang kepada kelompok masyarakatnya dalam rangka memenuhi kebutuhan pribadi. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa dalam seni terdapat aspek-aspek sebagai berikut.



a.Aspek manusia sebagai creator (pembuat) dan appreciator (pemikat).
b.Aspek karya yang dikreasikan beserta gagasan yang ada di dalamnya.
c.Aspek komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar